Hati-hati dengan Ukuran Besi Teralis

Pengalaman adalah guru yang sangat berharga, begitulah kata orang. Dalam postingan terdahulu: Pengalaman Memasang Teralis, saya sudah sampaikan bahwa saya pesan teralis dengan besi ukuran 12.

Nah, masalah baru timbul ketika iseng-iseng, beberapa hari setelah teralis terpasang, saya coba ukur lebar penampang besi yang dipakai. Ternyata lebar satu sisi besi kotak itu hanya…9 mm, ya 9 mm. Saya pun jadi bimbang. Jangan-jangan si abang teralis itu telah membodohi saya.

Saya pun ingat beberapa kali pernah mengamati harga besi di sebuah majalah tentang rumah. Harga besi untuk ukuran 10 mm sekitar 50 ribuan, sementara ukuran 12 mm sekitar 150 ribuan. Bertambah sajalah kecurigaan saya. Terbayang berapa keuntungan dengan mengganti besi yang seharusnya ukuran 12 menjadi 10.

Tapi saya ragu juga, karena saya pernah baca kalau besi yang ukurannya 10, umpamanya, bukan berarti ukuran riilnya 10 mm, pasti lebih kecil dari itu. Mau komplain? Tapi rasanya ukuran besi teralisku ini sama dengan besi yang aku pegang di bengkel kerja tempatku pesan dulu. Waktu itu, si tukang teralis sempat memperlihatkan contoh berupa sisa potongan besi yang diakuinya berukuran 12. Dan besi yang sekarang menjadi teralis rumahku ini sepertinya sama ukurannya dengan besi itu. Sebenarnya waktu itu dia sempat menawarkan untuk membawanya sebagai contoh. Sayangnya saya lupa membawanya.

Tapi…masak ukuran 12 berkurangnya jauh benar sampai jadi 9? Kalau 12 jadi 11 masihlah bisa ditolerir. Atau jangan-jangan ini seberarnya besi ukuran 10? Ah…pusing….

, , , , , , , , ,

  1. #1 by bambangtko on 18 November 2012 - 8:46 pm

    Makanya ada ukuran yang SNI ada yg bukan…., ada juga besi jengki, kalau besi 8 SNI biasanya sama ukuran dengan besi 10 jengki

    • #2 by muchrosidi on 18 November 2012 - 9:12 pm

      Nah itu… sudah siap kayaknya ni untuk jadi pengusaha toko material… Kan keren bisa nguasai Sulut.

Tinggalkan Balasan

